CARA MENGGANTI LCD PADA LAPTOP

Hallo pembaca !!
postingan kali ini kita akan membahas cara mengganti LCD laptop yang rusak.
kebanyakan pada belum tau caranya membuka casing pada layar laptop, nah ... saya akan kasih tau satu per satu langkah. supaya menambah pengetahuan dan mempermudah pembaca jika menjadi teknisi komputer.
caranya mudah,  kita hanya membutuhkan alat obeng (+) dan (-) .kita juga perlu hati-hati dalam melakukan langkah-langkahnya  :



1. Menyingkirkan Blind
   Blind yaitu tempat dimana sekrup itu berada, dan ditutupi oleh Blind tersebut, carilah biasanya terdapat pada bagian bawah pojok kanan dan kiri, yang berbentuk lingkaran. kita lepas menggunakan obeng (-) dengan hati-hati. biasanya terdapat 2 s/d 8 blind pada sebuah layar laptop. lalu di dalamnya terdapat sekrup dan lepaskanlah dengan menggunakan obeng (+).

2. Menyingkirkan Bingkai Penutup
    Setelah selesai melepaskan sekrup, buka dengan hati-hati bingkai penutup pada LCD, kalau masih susah bisa dengan bantuan obeng (-) dengan HATI-HATI, jangan sampai patah bingkainya, pakai obeng (-) tersebut di bagian sudut-sudut layar.

3. Melepas LCD dan Kabel data
   Lepas layar LCD dari kasingnya, dengan hati-hati jangan sampai tertarik kabelnya, dan lepas kabel data dengan tangan atau bantuan obeng (-) dengan sangat hati-hati, karena bisa merusak konektor jika tidak hati-hati.

4. Pasang LCD Baru
   Sesuaikan dengan tipe dan besar LCD, lalu pasang kabel data terlebih dahulu ke colokan dalam. dan tempatkan LCD di tempatnya, jangan sampai ada yg mengganjal. dipasang seperti yang semula. lalu tutup kembali dan pastikan semua komponen yang kita lepas tadi sudah terpasang seperti semula.

5. Lakukan pengujian
   Nyalakan laptop apakah LCD sudah berfungsi normal, jika belum kemungkinan ada komponen yg masih kendor. cek kembali.

itulah cara-cara memperbaiki/mengganti LCD laptop. mudah kan ?
selamat mencoba :D
masih bingung ? silahkan komentar ...

Related Posts
Previous
« Prev Post